Workshop Joint Study KISDI-SKT-MCIT

dsc00126

Hari Kamis, 12 Maret 2009, wakil dari BPPKI Yogyakarta berkesemapatan hadir dalam workshop “Final Report Workshop of Joint Study KISDI – SKT – MCIT Indoensia“. Workshop ini merupakan kelanjutan dari kerjasama Indonesia (Depkominfo RI) dengan KISDI-SKT, lembaga riset ICT Korea Selatan, dalam riset TIK dan tentu saja peluang investasi TIK di Indonesia.
Dalam workshop tersebut disajikan paparan tentang peluang investasi TIK dalam program Foreign Direct Investment (FDI) yang disampaikan oleh Dr. Sangwoon Ko dan Regulatory Framework on Convergence Era oleh Dr. Chang, keduanya adalah senior research di KISDI. Tak ingin kalah, Dr. Lukito Edi Nugroho (Ketua Program MTI UGM) memaparkan peluang dan posisi TIK di Indonesia yang didukung pemaparan dari Prof. A. Alkhaff (staf ahli menteri).

dsc00131Dr. Songwoon Ko memaparkan prospek foreign direct invetsment

Dari workshop tersebut tampak jelas posisi Indonesia dalam TIk dimana kunci faktor sukses-majunya adalah manusia sebagai aset tak ternilai. Sayangnya skill dalam TIK belum tergarap dengan baik dan dukungan terhadap riset TIK belum optimal seperti di Korea. KISDI sebagai lembaga riset unggulan telah menjadi “think tank” negara dalam menrumuskan hingga mengeluarkan kebijakan. Dapat dikatakan, semua kebijakan bermula dari riset, riset, dan riset. Kondisi ini bertolak belakang dengan apa yang terjadi di Indonesia. Tampaknya kita perlu belajar banyak dari Korea sebagai ICT leader in Asia Region bahkan di dunia dalam hal implementasi dan industri TIK.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: