Telkom Memenangkan Tender Lisensi BWA

wimax Setelah melalui proses pelelangan, PT. Telekomunikasi   00Indonesia, Tbk (Telkom) memenangkan tender lisensi 00BWA pada frekuensi 3,3 GHz  dan 2,3 GHz di 12 dari 15 00zona yang dilelangkan. Tujuh zona dengan frekuensi 3,3 00GHz meliputi Jabodetabek-Banten, Sumatera Utara, 00Sumatera Tengah, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat. Sedangkan lima zona dengan frekuensi 2,3 GHz meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Papua, dan Maluku.

BWA atau broadband wireless access adalah teknologi telekomunikasi terkini dengan akses pita lebar dengan kapasitas transmisi 1,5 – 2 MBps (ITU-R). Teknologi BWA termasuk dalam next generation network (NGN) yang memanjakan penggunannya untuk akses internet berkecepatan tinggi. Dalam penyelenggaraanya, BWA dapat dikategorikan dalam fixed-BWA dan mobile BWA. Salah satu teknologi BWA yang menjadi tren dan sedang dikembangkan adalah WIMAX (worldwide interoperability for microwave access) dengan standar IEEE 802.16.

Berbeda dengan jenis layanan lainnya, WIMAX mampu mengkover kebutuhan pengguna hingga radius 50 Km dengan kecepatan trasnmisi sangat tinggi. Hadirnya teknologi ini akan memberi keuntungan bagi operator seluler dalam menekan biaya investasi karena pengadaan infrastruktur jauh lebih murah dan dengan coverage area sangat luas. Bagi pengguna sendiri, beragam konten aplikasi dan kebutuhan akses informasi multimedia akan terselenggara secara mudah dan luas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: