Jumlah Pengguna Internet Masih Rendah

internet00Sylvia W Sumarlin, ketua APJII, mengatakan jumlah 00pengguna internet di Indonesia masih rendah, satu 00komputer digunakan lima pengakses. Hal ini jauh 00berbeda dengan tingkat penetrasi internet di negara 00tetangga, Malaysia. Rendahnya jumlah pengguna 00internet disebabkan masih kecilnya jumlah pemilik 00komputer atau baru sekitar 6 juta orang. Harga komputer yang cukup mahal dinilai menjadi salah satu penyebab rendahnya daya beli masyarakat Indonesi. Ketiadaan komputer akan mendorong rendahnya terhadap akses internet, dampaknya industri berbasis teknologi informasi sulit berkembang, termasuk penyedia jasa internet.

Saat ini jumlah ISP yang menjadi anggota APJII Yogyakarta sejumlah 27 ISP. Sedangkan jumlah ISP nasional sebanyak 172 perusahaan. Dari sejumlah ISP tersebut, beberapa mulai mengalami kemunduran usaha – jika tidak mau dibilang  bangkrut. Berdasarkan siaran pers Depkominfo, terdapat 11 perusahaan ISP yang tidak lagi beroperasi baik karena pencabutan ijin operasi maupun atas permintaan pencabutan sendiri. Sejumlah ISP pun lebih banyak mengambil bandwidth internasional dan melakukan diversiasi usaha agar dapat terus bertahan.

Dengan demikian, upaya untuk meningkatkan penetrasi internet harus terus digalakkan dengan kebijakan-kebijakan yang mendorong pertumbuhan itu sendiri. Akses internet murah saja tidaklah cukup, ketersediaan infrastruktur jaringan serta harga perangkat yang terjangkau oleh masyarakat akan dapat meningkatkan akses internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: