Tahapan Pencarian dan Diseminasi Informasi Bencana

102_2294Banyak korban bencana gempa yang berjatuhan dapat terjadi karena kurang kesiapsiagaan pemerintah daerah dan masyarakat dalam menghadapi bencana gempa dan tsunami. Posisi Indonesia pada tiga lempeng besar dunia, Indo Australia, Eurasia, dan Pasifik,  menjadikan kawasan ini sangat rawan terhadap ancaman gempa dan tsunami. Maka sudah sepatutnya mitigasi bencana dilakukan sejak persiapan komponen pemerintah dan masyarakat hingga rehabilitasi pasca bencana. Selain korban karena terkena reruntuhan bangunan dan tanah longsor,  terdapat pula korban karena terinjak-injak, kehabisan napas, dan serangan jantung saat melarikan diri pada gempa Selasa, 2 September 2009, lalu. Kepanikan dapat melanda siapa saja sehingga tidak dapat berpikir sehat serta mengambil tindakan yang tepat.

Ketika terjadi bencana gempa sebaiknya yang dilakukan adalah:

1. segera keluar rumah

2. matikan listrik dan kompor yang menyala

3. jika berada di dalam gedung, segera berlindung di bawah meja atau titik gedung yang dirasa kokoh. keluar setelah goncangan mereda.

Informasi tentang bencana gempa dan tsunami perlu diketahui oleh masyarakat  agar dapat diambil tindakan evakuasi yang tepat saat terjadi bencana. DSC03448

Beberapa tahapan yang dapat dilakukan dalam upaya diseminasi informasi bencana gempa dan tsunami yaitu:

1. Tahapan koordinasi komponen manajemen bencana yang dikoordinasi oleh pemerintah daerah.

2. Tahapan penyediaan akses informasi melalui berbagai saluran komunikasi dan informasi. Penyediaan akses informasi merupakan upaya pemberian pendidikan bagi masyarakat tentang bencana .

3. Tahapan pengelolaan kembali dan penyederhanaan informasi.  Metode simulasi merupakan pilihan yang tepat dalam meyiapkan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana tsunami.

4. Tahapan penyebarluasan informasi. Informasi bencana tsunami disebarluaskan pada masyarakat dengan menggunakan berbagai saluran komunikasi dan informasi baik media konvensional maupun media digital dan berbiaya murah.

5. Tahapan peringatan bencana tsunami. Ketika masyarakat telah memperoleh dan menyebarluaskan informasi bencana tsunami maka diharapkan masyarkat memahami tanda peringatan dini bencana tsunami. Peringatan dini bencana dapat menggunakan media tradisional yang populer di masyarakat maupun perangkat canggih yang disediakan pemerintah.

Comments
2 Responses to “Tahapan Pencarian dan Diseminasi Informasi Bencana”
  1. tatang says:

    OKE TERIMA KASIH PENGETAHUAANYA PAK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: