Dana Insentif Peneliti Dikurangi

Dirilis dari Koran Tempo, Rabu, 7 Oktober 2009

Pemerintah mengurangi jumlah dana insentif dan kuota peneliti pada 2010. Pengurangan ini karena jumlah proposal yang masuk dari para peneliti pada 2009 berkurang. Demikian yang disampaikan Sekretaris Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyar, Indroyono Susilo.

Pemerintah pada 2009 mengalokasikan dana sebesar Rp. 397 miliar bagi 7.990 peneliti dan perekayasa di badan litbang departemen serta lembaga riset pada lembaga pemerintah non departemen. Namun, pada tahun lalu baru 5.515 proposal yang masuk dengan penyerapan anggaran Rp. 275 miliar.

Padahal, menurut Indroyono, setiap peneliti berhak mendapat dana Rp 50 juta untuk setiap proposal yang masuk. Akibat berkurangnya penyerapan, terdapat sisa alokasi sebesar Rp. 122 miliar. Sisa alokasi dana itu akan dikembalikan ke kas negara untuk dana bencana.

Dengan kondisi ini, menurut Indroyono, anggaran  pada tahun depan akan turun menjadi Rp 225 miliar untuk 5.500 peneliti dan perekayasa. Dia mengatakan juga, mulai tahun depan, anggaran akan dikelola oleh Kementrian Ristek bukan lagi Depdiknas.

Dengan pengelolaan dibawah KemenRistek, diharapkan program insentif bisa berjalan mulai bulan Januari  sehingga insentif bisa segera diterima pada bulan kedua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: