Temu Ilmiah Peneliti: Posisi Strategis Litbang dalam Industri Kreatif

Tanggal 5 – 6 Oktober 2009, Badan Litbang dan SDM Depkominfo telah sukses menyelenggarakan Temu Ilmiah Peneliti 2009 yang bertempat di Multimedia Training Center, Jl. Magelan Km. 5, Yogyakarta. Temu ilmiah tersebut dihadari peneliti dari lingkungan Badan Litbang yaitu Puslitbang Postel, Puslitbang Aptel dan SKDI, Puslitbang Literasi, BBPPKI Medan, BBPPKI Makasar, BPPKI Jakarta, BPPKI Bandung, BPPKI Yogyakarta, BPPKI Surabaya, BPPKI Banjarmasin, dan BPPKI Manado.
Acara dibuka dengan sambutan sekaligus pengarahan dari Kepala Balibang SDM Depkominfo, Cahyana Ahmadjayadi. Dalam pengarahannya, Kepala Balitbang mengatakan temu ilmiah merupakan ajang bagi peneliti Depkominfo dalam mengadu kekuatan logika dan membentuk suatu komunitas silaturahmi ilmiah dimana para peneliti dalam saling berargumentasi dengan mengedepankan rasionalitas. Disampaikan pula bahwa, Badan Litbang memiliki posisi strategis dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri kreatif yang saat ini sedang digalakkan sehingga diharapkan Badan Litbang dapat menjadi think tank industri kreatif.
Untuk mencapai hal tersebut, Badan Litbang memiliki visi membentuk RISTIKNET yang mampu menjadi media jejaring antar peneliti baik nasional maupun internasional dalam meningkatkan kualitas dan profesionalitas peneliti sekaligus meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil penelitian berbasis TIK (TIK & TIK related). Hal tersebut tidak lain ditujukan bagi tercapainya misi Indonesia 2015, dimana 50% penduduk dunia dapat terakses oleh informasi (global information society). Pada kesempatan tersebut, Kepala Balitbang SDM turut memaparkan ICT Blueprint Research yang dapat menjadi acuan peneliti dalam melakukan riset unggulan yang dapat menjadi pertimbangan dalam pengambilan kebijakan dan perkembangan TIK di Indonesia. Sebagaimana yang disampaikan oleh reviewer yang terdiri dari pakar TIK, staf ahli menteri, dan peneliti LIPI, sangat banyak hasil penelitian yang tidak mengacu pada perspektif ICT cycle hal ini terbukti dari penelitian yang masih terkonsentrasi pada tahap evaluasi. Akibatnya, hasil penelitian belum bernilai inovatif dan belum dapat menjadi rujukan perumusan kebijakan atau dengan kata lain belum bermanfaat bagi user (masyarakat, pemerintah, industri). Oleh karena itu rumusan agenda Litbang Depkominfo tahun 2009-2014 yang disusun dalam Temu Ilmiah tersebut diharapkan dapat menjawab beragam permasalahan yang dihadapi saat ini. (bingo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: