DIY Kebut Pelaksanaan e-KTP

Untuk mendukung pelaksanaan Single Identity Number (SIN), kota Yogyakarta yang termasuk dalam pilot project kartu tanda penduduk (KTP) elektronik mempercepat proses pelaksanaan e-KTP. Hal ini ditandai dengan mempercepat proses pemotretan warga.

Memang belum semua kecamatan yang diberlakukan e-KTP, baru kecamatan Gondokusuman yang menjadi proyek percontohan. Namun setidaknya menunjukkan itikad baik pemerintah daerah dalam mendukung pelaksanaan tertib administrasi kependudukan nasional. Setidaknya ada 7 lokasi yang tersebar di 5 kecamatan (Demangan, Kota Baru, Klitren, Baciro, dan Terban) yang dijadikan proyek percontohan.

Kuota e-KTP untuk proyek percontohan itu sebanyak 26.000 orang. Namun yang baru mendaftar 24.000 orang.

e-KTP merupakan upaya pemerintah dalam menerapkan identitas tunggal bagi masyarakat yang dapat diakses untuk berbagai keperluan.  Pelaksanaan e-KTP mulai marak ketika aksi teror mengancam negeri ini dengan pelaku yang memiliki banyak identitas. Tata kelola pemerintahan yang tidak baik dapat memicu munculnya NIK ganda untuk seorang warga. Pelaksanaan Pemilu yang carut marut karena NIK ganda pun turut memacu percepatan proyek ini.

Dengan adanya e-KTP ini, diharapkan pelaksanaan e-government berupa tata kelola pemerintahan yang baik dapat segera terwujud.

Selain DIY, kota lain yang menjadi pilot project adalah Padang, Makasar, dan Denpasar.

Comments
One Response to “DIY Kebut Pelaksanaan e-KTP”
  1. Triyono says:

    Semoga sukses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: