Seminar Hasil Penelitian BPPKI Yogyakarta

Tanggal 24 November 2009 yang lalu, BPPKI Yogyakarta melaksanakan Seminar Hasil Penelitian Tahun 2009 yang bertempat di Hotel Abadi, Yogyakarta.  Seminar Hasil Penelitian Tahun 2009 merupakan rangkaian proses pelaksanaan penelitian dalam bentuk pemaparan hasil-hasil penelitian yang telah dilaksanakan untuk mendapatkan feedback dalam penyusunan laporan akhir penelitian. Selain itu, diharapkan rekomendasi hasil penelitian diketahui oleh stakeholder sehingga penelitian memberi manfaat bersama.

Pada seminar tersebut, dipaparkan dua hasil penelitian BPPKI Yogyakarta, yaitu “Pola Pencarian Dan Diseminasi Informasi Masyarakat Daerah Rawan Bencana Tsunami dengan Menggunakan Kanal Komunikasi dan Informatika (Kebumen, Denpasar Kota, Bantul)”  yang disampaikan oleh Drs. Avianto Priyoutomo dan “Relevansi dan Kompetensi ICT bagi UKM” yang disampaikan oleh Drs. Topohudoyo.

Dalam pemaparannya, Drs. Avianto menyampaikan bahwa pola pencarian informasi merupakan hal yang vital bagi masyarakat daerah rawan bencana tsunami dalam menurunkan risiko bencana. Pola pencarian yang ditemui di tiga lokasi penelitian menunjukan kemiripan, yaitu pencarian informasi secara pasif dan aktif.  Sedangkan kanal komunikasi dan informatika yang banyak digunakan dalam mencari informasi adalah televisi dan radio. Rekomendasi dari hasil penelitian ini salah satunya adalah perumusan model diseminasi informasi yang sesuai dengan karakteristik masyarakat serta menggunakan kanal komunikasi dan informatika yang familiar.

Sedangkan Drs. Topohudoyo, dalam penelitiannya menyampaikan bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) masih didominasi oleh industri skala global. Yaitu industri dengan skala modal besar dan jangkauan pemasaran yang lebih luas. Sedangkan industri lokal masih sangat jarang menggunakan TIK dan jumlahnya lebih besar dibanding dengan industri skala global. Hal ini berkaitan dengan diantaranya dengan infrastruktur TIK yang masih terbatas serta tingkat literasi masih rendah. Dari hasil penelitian, diketahui pula tingkat literasi TIK industri kecil di daerah penelitian berkisar pada skala 0-2.

Hadir dalam seminar tersebut  antaralain narasumber, I Gusti Ngurah Putra, dosen UGM, Dishubkominfo Yogyakarta, Kesbanglinmas Prov Yogyakarta, Dinas Koperasi dan UMKM Kab Gunung Kidul, serta fungsional peneliti dari berbagai badan litbang seperti BPPT dan Balai Bahasa.

Dari hasil pemaparan, masih banyak dijumpai kekurangan  dalam  pelaksanaan penelitian dan laporan hasil penelitian. Hal ini tentunya menjadi perhatian khusus bagi tim penelitian BPPKI Yogyakarta untuk melakukan evaluasi agar hasil penelitian bersifat ilmiah dan sesuai dengan kaidah-kaidah metode penelitian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: