Perspektif Industri Multimedia di Era Konvergens (orasi ilmiah Ka.Balitbang Depkominfo)

Perkembangan teknologi informasi telah melesat dengan begitu cepatnya. Tanpa kita sadari, teknologi informasi telah melalui zona waktu yang begitu panjang namun dengan kecepatan yang tak terkira sebelumnya. Saat ini era internet telah menjadi hal yang biasa dan umum, bahkan menjadi aneh jika seseorang tak kenal dengan media ini. Kecuali beberapa daerah yang belum bisa mengakses karena keterbatasan infrastruktur telekomunikasi. Kini adalah era konvergensi teknologi informasi. Sebuah era yang menghantarkan kita pada satu jalan dengan multi layanan.

Demikianlah sambutan pembuka Kepala Badan Litbang Depkominfo, Cahyana Ahmadjayadi, dalam acara wisuda STMM-MMTC Tahun Ajaran 2009. Dalam sambutan yang berjudul  “Perspektif Industri Multimedia di Era Konvergensi”, Cahyana Ahmadjayadi memaparkan tentang makna konvergensi dalam berbagai persepktif terutama perannya dalam memajukan industri multimedia.

Konvergensi, merupakan evolusi teknologi informasi yang mengintegrasikan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi ke dalam sistem telekomunikasi, digitalisasi jaringan, media dan peningkatan jaringan internet. Jika selama ini telepon, televisi, radio, dan internet berjalan pada device yang berbeda, maka di era konvergensi semua layanan tersebut dapat dinikmati dalam satu device saja. Keadaan ini terbentuk akibat adanya evolusi teknologi informasi dari era triple-play, quad-play, hingga menjadi tera-play saat ini. Hadirnya teknologi baru ini akan memudahkan user, menciptakan suatu ubiquitous network dimana komunikasi berlangsung anytime, anywhere, anydevice.

Namun, implementasi konvergensi tidaklah semudah yang kita kira. Akan ada tantangan yang harus dihadapi dan peluang yang dapat kita raih. Dalam orasi ilmiahnya, Cahyana Ahmadjayadi mengungkapkan setidaknya ada 4 ekosistem yang harus dibentuk dalam mewujudkan era konvergensi.

  1. Ekosistem pertama adalah meningkatnya jenis dan kompleksitas perangkat dan terminal end user atau “Devices-beyond communication”.
  2. Ekosistem kedua adalah tersedianya akses “super” broadband, baik kabel maupun nirkabel yang memungkinkan ubiquitous connectivity
  3. Ekosistem ketiga adalah meluasnya serta maraknya perkembangan konten, aplikasi, dan layanan sehingga sudah sangat sulit membayangkan dunia tanpa koneksi jaringan Internet yang umumnya digunakan untuk hiburan, jaringan sosial online, konten digital, perdagangan, perbankan, layanan pemerintah dan sebagainya.
  4. Ekosistem yang terakhir adalah permintaan konsumen yang terus meningkat yang mana saat ini kita dapat melihat fasilitas customer service 24/7 (24 jam selama 7 hari) serta berbagai fasilitas lainnya yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen “On demand”.

Lalu, bagaimana peran industri multimedia menyikapi hadirnya era konvergensi ini? Cahyana Ahmadjayadi mengungkapkan dari lima pilar dalam indsutri kreatif (yaitu industri, teknologi, sumber daya, kebijakan yang melindungi,dan bantuan pemodalan) sumber daya merupakan hal yang penting. Sumber daya yang dimaksud adalah human creativity atau people who work indeed. Mereka yang terjun dalam industri multimedia sangat perlu membuka cakrawalanya tentang profesi industri multimedia yang sangat luas. Dan karenanya, keterampilan adalah hal mutlak yang harus dimiliki untuk setiap profesi yang akan digeluti.

Kita tidak bisa memposisikan diri sebagai orang di lingkaran luar era konvergensi. Melihat dan berdecak kagum. Kita harus terjun di dalamnya dengan keterampilan yang kita miliki. Bukan untuk siapa-siapa tetapi untuk diri kita sendiri jika kita ingin menjadi pribadi unggul. (bigina)

klik disini untuk mendapatkan materi orasi ilmiah “Peran Industri Multimedia di Era Konvergensi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: