Layanan Publik Depkominfo Rendah?

sumber www.detik.com

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menggelar survei integritas terhadap layanan publik di sejumlah instansi pemerintah dan departemen. Hasilnya, terdapat 15 lembaga yang masuk dalam daftar terendah. Di antaranya adalah Polri dan Depkominfo.

Layanan publik yang disoroti di kepolisian adalah layanan pembuatan dan perpanjangan SIM, layanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan layanan pengaduan seperti curanmor, pencurian dan lain-lain.

“Untuk Depkominfo adalah layanan pengadaan barang dan jasa,” kata Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan M Jasin di Gedung KPK, Jl HR Rasuna said, Selasa (22/12/2009).

Selain dua lembaga tersebut, Departemen Perindustrian, Kementerian Perumahan Rakyat, Departemen Pekerjaan Umum, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Depkum HAM, Mahkamah Agung, Departemen Kelautan dan Perikanan, Kejaksaan Agung, Departemen ESDM, dan Departemen Kehutanan juga masuk dalam peringkat instansi terendah.

“Menempati peringkat terendah adalah Departemen Perindustrian dengan nilai 5,66 dan kepolisian dengan nilai 5,71,” tambahnya.

Sementara itu, untuk 15 instansi tertinggi integritasnya dalam layanan publik adalah Departemen Pertanian, disusul oleh, PT Pos Indonesia, PT Pertamina, BPOM, PT Jamsostek, Badan Akreditasi Negara, PT KBN, PT Angkasa Pura II, PT Pelni, Departemen Pendidikan Nasional, Perusahaan Gas Negara, BNP2TKI, Menko Kesejahteraan Rakyat, PT KAI dan PT Asuransi Jasa Raharja.

Survei juga dilakukan terhadap pemerintahan tingkat provinsi hingga tingkat kabupaten/kota. Untuk provinsi yang masuk dalam daftar terendah adalah Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, DKI Jakarta, Sumatera Utara, dan Lampung. Untuk provinsi tertinggi adalah Jawa Timur, disusul Kalimantan Selatan, Jawa Barat, Kalimatan Timur dan Bali.

Menurut Jasin, survei yang dilakukan pada April-September 2009 ini dilakukan secara tahunan terhadap para pengguna layanan publik di instansi tersebut. Ada 39 instansi, 136 unit layanan publik, 10 pemerintah provinsi, dan 49 pemkab/pemkot. Jumlah responden terdiri dari 11.413 orang.

Indikator penilaian diambil dari tingkat perilaku suap yang dilakukan para konsumen ke pemberi layanan. “Kalau masih ada gratifikasi di atas tarif yang ditentukan itu makin rendah nilainya,” tambah Jasin.

Instansi dengan skor terendah akan dipanggil ke KPK untuk diberikan arahan perbaikan. Sementara instansi dengan skor tertinggi akan dijadikan percontohan dan tidak akan dimasukkan dalam daftar survei di kemudian hari.

catatan:

Survey integritas pelayanan yang dilaksanakan oleh KPK pada April-September 2009 meliputi empat jenis layanan publik yaitu program, perizinan, non perizinan, serta pengadaan baran dan jasa. Indikator lain yang masuk dalam penilaian adalah tingkat gratifikasi dengan suap-menyuap. Penilaian survei sendiri dilakukan dengan menggabungkan dua unsur yaitu pengalaman integritas dan potensial integritas.


Ada hal yang menarik dari pemberitaan diatas. Institusi pemerintahan yang memiliki prestasi baik dalam layanan publik adalah mereka yang komitmen dengan pelaksanaan e-government. Contohnya adalah Departemen Pertanian yang mendapat penghargaan E-Gov Award 2009 kategori kementerian dan departemen (baca berita terdahulu). Begitu pun dengan Prov Jawa Barat dan Prov Jawa Timur (dalam hal ini kota Surabaya) yang juga memperoleh penghargaan E-Gov Award 2009.

Hal yang turut memprihatinkan adalah kenapa layanan publik Depkominfo termasuk kelompok yang rendah. Skor integritas layanan yang diperoleh Depkominfo sebesar 6,05. Bagaimana tanggapan Depkominfo akan hal ini? Tentunya pelaksanaan CRM harus segera diimplementasikan  termasuk tata kelola organisasi melalui e-government-nya. Apalagi UU KIP menuntut penerapan totalitas dari seluruh instansi pemerintah termasuk Depkominfo.(bigina)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: