Indonesia-Jepang Tingkatkan Kerjasama ICT

Jakarta (detikinet.com)- Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring telah mengadakan pertemuan dengan Wakil Menteri Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang Masamitsu Naito.

Tujuan pertemuan bilateral tersebut adalah untuk meningkatkan hubungan kerjasama antara kedua negara khususnya di bidang pengembangan ICT.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Depkominfo Gatot S. Dewa Broto menjelaskan, ini merupakan pertemuan kedua Menkominfo dengan pimpinan Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang dalam kurun waktu 2 bulan terakhir. Sebelumnya pernah berlangsung di tengah acara pertemuan para Menteri Telekomunikasi dan ICT Asia Pasifik di Bali, 12 – 13 November 2009.

“Pertemuan bilateral Indonesia dengan Jepang pada 6 Januari 2009 ini berlangsung sangat konstruktif,” tukas Gatot, dalam keterangannya, Kamis (7/1/2010).

Dipaparkannya, Menkominfo menjelaskan tentang program pengembangan ICT yang sedang dan akan dilakukan di Indonesia. Di antaranya mengenai program telepon pedesaan, pembangunan fiber optik yang menghubungkan Mataram hingga Kupang sepanjang 1.851 km, pengembangan televisi digital dan e-Government.

Dijelaskan pula mengenai peraturan yang berlaku terkait dengan batasan investasi asing di Indonesia sebagaimana diatur di dalam Peraturan Presiden No. 111 Tahun 2007.

“Pada dasarnya, Menkominfo menyambut gembira ajakan peningkatan kerjasama bilateral antara Indonesia dengan Jepang (khususnya bidang pengembangan SDM) sejauh itu tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku,” lugas Gatot.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: