200 Juta Penduduk RI Belum Melek Internet

INILAH.COM, Palangkaraya – Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) memperkirakan saat ini masih terdapat lebih dari 200 juta penduduk di Indonesia yang belum melek internet.

“Oleh karena itu kami targetkan agar hingga tahun 2015 nanti jumlah pengguna internet harus sudah separuh penduduk atau sekitar 117 juta orang,” kata Direktur Pemberdayaan Telematika Ditjen Aplikasi Telematika Depkominfo Azkar Badri di Palangkaraya, Kamis.

Azkar Badri mengatakan, kondisi saat ini dari seluruh penduduk Indonesia yang berjumlah sekitar 230 juta orang, baru 20 juta orang diantaranya yang telah mendapat akses internet.

Sementara sekitar 200 juta hingga 210 juta penduduk lain masih belum dapat menikmati akses internet karena kendala wilayah maupun pengetahuan yang terbatas.

Untuk menuntaskan target lima tahun mendatang itu, setiap tahun setidaknya diperlukan perluasan akses internet agar mampu menjangkau lebih 20 juta penduduk.

“Ini perjalanan panjang, dan sekarang ini pemerintah sudah mencoba membangun Palapa Ring yang bisa mencakup Papua sampai Aceh. Selain itu, ada juga program desa berdering, desa pintar punya internet, dan program lain,” jelasnya.

Depkominfo juga meminta komitmen dan political will dari pemerintah daerah untuk mendukung perluasan akses internet itu mengingat pemda lebih mengetahui kondisi warga di wilayah masing-masing.

Selain itu juga dukungan dari pihak swasta dan para pengembang operator sangat diperlukan untuk mensukseskan target jangkauan akses internet hingga 50 persen penduduk Indonesia.

Azkar juga berharap, pencapaian target 50 persen akses internet itu tidak dicapai dengan kondisi timpang antardaerah, misalnya hanya memprioritaskan wilayah padat penduduk.

“Misalnya di Kalteng yang pedalaman juga harus mampu mencapai target 50 persen warganya,” tambahnya.[*/ito]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: