Telkom Harus Contoh Internet Rumah di Jepang

Bandung (www.detikinet.com)- Saluran internet fiber to the home (FTTH) sudah seharusnya tersedia di rumah-rumah penduduk Indonesia. Telkom selaku BUMN dan penyelenggara infrastruktur terbesar, pun diminta untuk mewujudkannya segera, dengan mencontoh keberhasilan Jepang.

“Jepang saja bisa penetrasi sampai 90%. Itu sebabnya kita akan dorong lewat kebijakan supaya Telkom mampu,” kata Cahyana Ahmadjayadi, Kepala Balitbang SDM Depkominfo, saat berbincang dengan detikINET di Bandung.

Pria yang sebelumnya menjabat Dirjen Aplikasi dan Telematika ini menilai, sudah saatnya kabel serat optik masuk ke rumah-rumah di Indonesia. Hal ini didasari atas kebutuhan bandwith internet masyarakat yang semakin besar.

Dalam mengakses internet, masyarakat luar negeri mayoritas menggunakan saluran FTTH sebagai koneksinya. Berbeda dengan masyarakat Indonesia, yang terpaksa menggunakan teknologi nirkabel seperti 3G, karena keterbatasan infrastruktur FTTH.

“Kita tahu bahwa secara teknologi, kreativitas dalam bentuk konten itu unlimited. Karenanya butuh bandwith besar. Sedangkan teknologi wireless saat ini memiliki keterbatasan dan tidak seandal fiber optic,” papar dia, usai peresmian Bandung Techno Park di kampus IT Telkom, Selasa (12/1/2010).

Selaku pembuat kebijakan, Depkominfo kata Cahyana, tidak serta merta membiarkan Telkom sendirian untuk memenuhi kebutuhan FTTH tersebut. Pemerintah akan mendorong serta membantu Telkom sesuai dengan kemampuannya.

“Kita dorong supaya Telkom mampu bangun bukan hanya backhole dan backbone saja, tapi juga FTTH. Mungkin bertahap, Telkom bisa penetrasi pada cluster tertentu. Jepang saja bisa penetrasi sampai 90%,” pungkas dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: