Deklarasi Hari Penyiaran Nasional

Deklarasi Hari Penyiaran NasionalInsan penyiaran patut berbesar hati karena tanggal 1 April 2010 yang lalu, telah dideklarasikan Hari Penyiaran Nasional (HarSiarNas) di Pendapi Gede Balaikota Solo.

Hari Wiryawan, penggagas HarSiarNas, mengatakan bahwa, meski penyiaran telah berkiprah dari masa ke masa terutama pada era perjuangan kemerdekaan Indonesia, pemerintah belum menetapkan hari khusus memperingati perjuangan lewat penyiaran tersebut.

pemancar radio kambinng

Peran penyiaran sangat besar andilnya dalam menyebarkan isu dan semangat perjuangan masyarakat yang pada masa itu dikumandangkan melalui siaran radio. Seperti yang terlihat dalam pameran HarSiarNas yang berlangsung di Monumen Pers, Solo. Salah satu yang dipajang adalah pemancar “Radio Kambing”. Pemancar ini dijuluki “Radio Kambing” karena pernah disembunyikan para pejuang RRI dan TNI dalam kandang kambing di desa Balong, Lereng Gunung Lawu pada tahun 1948 – 1949. Pemancar radio ini terpaksa di sembunyikan karena studi RRI Solo diserang oleh tentara Belanda.

Menurut catatan sejarah, pemancar radio ini berperan dalam sistem radio berjaringan SRV (Solosche Radio Vereeniging) yang menghubungkan Solo, Madiun, Surabaya, Jawa Barat, dan daerah lainnya.

Deklarasi HarSiarNas dihadiri dan didukung oleh delapan elemen insan penyiaran diantaran KPI (Komisi Penyiaran Indonesia), LPP RRI, LPP TVRI, Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATLI), Radio Komunitas, dan Masyarakat Cinta Media. Deklarasi ini juga mengusulkan KGPAA Mangkunegaraan VII sebagai Bapak Penyiaran Nasional.

Usulan tentang HarSiarNas ini diteruskan ke Dirjen Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi yang mewakili Menkominfo untuk mendapatkan persetujuan tingkat pusat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: