Kunjungan Menkominfo Ke BPPKI Yogyakarta

Menkominfo Tifatul Sembiring Berdialog dengan Pegawai BPPKI Yogyakarta

Senin, 9 Agustus 2010,BPPKI Yogyakarta menerima kunjungan kerja Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring. Kehadiran Menkominfo di Yogyakarta merupakan rangkaian kunjungan kerja yang meliputi peresmian internet kecamatan di Kab. Gunung Kidul, dialog interaktif dengan masyarakat melalui TVRI Yogya, serta silaturahim dan dialog dengan segenap pegawai Kemenkominfo yang berada di Yogyakarta.

Dalam kunjungan singkat namun padat tersebut, Tifatul Sembiring menyempatkan diri berdialog dengan pegawai BPPKI Yogyakarta yang meliputi peneliti, litkayasa, pranata humas, analis kepegawaian, arsiparis, dan staf lainnya. Tifatul Sembiring menyadari bahwa, BPPKI sebagai bagian dalam Badan Litbang dan SDM memiliki peran penting dalam melakukan penelitian, kajian, dan pengembangan bidang TIK. Sangat dipahami bahwa, arus globalisasi datang melalui informasi dan komunikasi yang notabenya dibawah wewenang Kemenkominfo. Ibarata dua sisi mata uang, informasi dan komunikasi memberi dampak positif sekaligus negatif manakala penggunanya tidak bisa menyikapi kehadiran teknologi dan informasi dengan baik. Oleh karena itulah, Kemenkominfo berkewajiban menggiring pengguna dalam memanfaatkan dan mengembangkan teknlogiĀ  ke sisi positif yang memberi nilai manfaat lebih bagi penggunanya.

Menkominfo menyampaikan pula hakikat dari penelitian yang saat ini hanya terjun bebas ke lautan Darwin. Lautan Darwin merupakan lautan sarat ilmu buah pemikiran, pengkajian, perenungan para ilmuwan yang tidak dipakai oleh umat manusia. Berapa banyak hasil penelitian skripsi, thesis, disertasi yang tidak dimanfaatkan bagi kehidupan umat. Menyikapi hal tersebut, Menkominfo tidak menginginkan hasil-hasil penelitian dari Badan Litbang terjun ke lautan Darwin. Oleh karena itu, penelitian perlu dilakukan dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan bidang kerja Kemenkominfo. Dan secara bertahap, hasil-hasil penelitian digunakan dalam lingkup Kemenkominfo, tidak semata digunakan dalam perumusan regulasi Tidak hanya Badan Litbang dan SDM yang melakukan pengkajian tetapi juga satuan kerja lainnya sesuai dengan arahan pimpinana.

Mmenkominfo memaparkan pula, bahwa bidang yang ditangani kemenkominfo sangat luas dan bersinggungan dengan banyak pihak. Dari sana ada banyak hal yang bisa dikaji. Untuk saat ini, sesuai arahan Presiden SBY ada tiga hal yang menjadi fokus yaitu pengembangan e-pendidikan (e-education), e-pemerintahan (e-government), dan e-bisnis (e-business). Meskipun pengembangannya berada di bawah wewenang Dirjen Aptel, tidak ada salahnya dilakukan pengkajian.

Diharapkan dialog semacam ini dapat terus berlangsung yang tidak terbatas pada tatap muka. Di akhir kesempatan, Tifatul Sembiring memotivasi pegawai BPPKI Yogyakarta untuk senantiasa meningkatkan kinerja, disiplin, dan bersikap adil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: